Jumat, 21 September 2018

Tentang membunuh cicak

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” (HR. Bukhari, no. 3359)

الْوَزَغِ

Aslinya itu yang disuruh bunuh itu "WAZAGH", bukan cicak. Tetapi wazagh dianggap (diterjemahkan) sebagai cicak karena "mirip", padahal beda spesies, walau sama famili dengan cicak.


Perbedaan antara wazagh dan cecak itu seumpama perbedaan antara anjing dengan srigala. Liur anjing najis berat, liur srigala tidak. Hukumnya beda.... Begitu juga wazagh dengan cicak, hukumnya beda. 

Gambar dibawah itu adalah foto wazagh. Perhatikan perbedaannya dengan cicak:
1. Tubuhnya memang mirip, tapi bagian ekornya nampak seperti berduri.
2. tubuhnya ada bentol-bentol.
3. Bagian kaki, ini perbedaan utamanya. kaki cecak pendek melebar, memiliki daya vacuum sehingga bisa bergerak vertikal dipermukaan kaca. Adapun jari kaki wazagh, itu panjang, tidak berdaya vacum, sehingga tidak bisa bergerak vertikal dipermukaan kaca. Struktur jari kaki wazagh, mirip struktur jari kaki kadal.
4. wazagh hidup di darat (gurun) dan bebatuan, tidak seperti cicak yang hidup menempel tembok. 

wazagh ini bisa dikategorikan "HAMA" dan vektor penyakit, karenanya tidak masalah dibasmi, sesuai hadist. Tapi cecak bukan kategori hama dan dia bukan wazagh. 

"WAZAGH TIDAK ADA DI INDONESIA!!" ==> Jadi "STOP BUNUH CECAK!!"

INI LHO FOTO WAZAGH, beda kan sama cecak???
Image result for Cyrtopodion scabrum

Kamis, 20 September 2018



Fuad Ardiyansyah Koq baru tau ya, makasih infonya
Rochmat Moe Ijin share....saya sbg putra Jepara merasavmalu krn tdk mengetahui
Kayukraft Aq orang jepara jga baru tauu..
Annas Mahyuddin AL Azhar Aq orang Jepara aja malah baru ngerti klo dr.ciptomangunkusumo klhran Jepara..
Serba Aneka Aku wong Purwogondo wae kok lagi ngerti. Faiq Roi, kwe ngerti sejarahe iki, Dr. Cipto ?
Bloho Bloho Makam nya di mana,,rmh nya sebelah mana,,baru tau sejarah ini..
Ahmad Roni Mosok sih, tau sekolah lg ngerti iki, opo guru ku rk phm sejarah.
========================
Wong Njeporo kok malah plonga-plongo dibilang dr Cipto MangunKusumo itu kelahiran Pecangaan, Jepara.... Ini menyedihkan sekaligus memalukan....
Biar saya ceritakan sejarah singkat, masa kecil dr Cipto, dari berbagai sumber.... Supaya kalian ngerti, karena memalukan sampai ada Pahlawan nasional tidak diketahui orang di daerahnya sendiri.... Saya orang Jepara merasa malu....
Bapaknya dr Cipto Mangunkusumo bernama Bpk Mangunkusumo, asalnya dari daerah Ambarawa. Dia guru bahasa melayu. Sebagai guru, tugasnya sering berpindah-pindah, suatu ketika bertugas di Pecangaan, Jepara. Disinilah pak mangunkusumo akhirnya menikah dengan wanita asal Mayong, Jepara, yang bernama RA Suratmi, anak tuan tanah dan kasir pabrik gula di Mayong.
Perkawinan ini melahirkan anak sulung bernama Cipto mangunkusumo, lahir di Pecangaan, Jepara, pada 4 Maret 1886. Rumah yang ditempati pak Mangunkusumo, kemungkinan adalah rumah dinas, karena statusnya sebagai guru (kepala sekolah saat itu). Pada usia 6 tahun, dr Cipto dikirim ke ambarawa, dititipkan ke pamannya, untuk disekolahkan disana, karena pada masa itu ambarawa sudah maju, dan sekolahnya berkualitas bagus. Jadi rentang waktu dr. Cipto Mangunkusumo berada di Pecangaan, Jepara hanya sekitar 6 tahun saja. 
Dr. Cipto 11 bersaudara, diantara nama adik2nya, ada yang bernama kartini dan kartono, nama yang mengambil dari nama tokoh Jepara RA. Kartini dan kakaknya. 
Dr. Cipto juga pernah buka praktek di solo, dan ikut serta dalam pendirian Budi Utomo, serta  mendirikan RA Kartini Club.
Dari nama2 adiknya, yaitu kartini dan kartono, juga dr nama "RA. Kartini Club" yang didirikan dr Cipto Mangunkusumo, sudah JELAS bahwa dr Cipto memang lahir di Pecangaan, Jepara. 
Dr Cipto Mangunkusumo wafat di Jakarta, 8 Maret 1943, dan dimakamkan di Ambarawa, kampung halaman bapaknya.
Meski dr. Cipto ini bapaknya bukan asli Jepara, tapi Ibunya asli mayong, Jepara. Dan dia lahir di Pecangaan, Jepara. 
Sudah selayaknya, kalian yang di Jepara, USULKAN KE BUPATI JEPARA, untuk pembuatan tugu peringatan, Kelahiran dr Cipto Mangunkusumo di Pecangaan.  "Ingat!! JASMERAH, jangan sekali-kali lupakan sejarah" ~Soekarno
#Urusan Serius iki, viralkan










Selasa, 18 September 2018

Vuad Vauzi El-wijaya R. M. P Sosorokartono juga jepara makam di kudus dan jarang sekali orng jepara menziarahinya.. Kata juru kunci.. Terlebihlagi katane makam e wong pangkat tapi gk ada satupun pejababat yg sudah jadi berani berziarah kesana lagi bah... Kata juru kunci..
================
Iya.... makamnya di daerah kudus.... 

Eyang sosrokartono itu orang genius pada jamannya, konon ia menguasai 26 bahasa asing ( 17 bahasa barat dan 9 bahasa timur) dan 17 bahasa daerah, total 43 bahasa.... Pernah menjadi penterjemah tunggal di PBB..... Belum pernah ada tokoh di Indonesia sampai sekarang yang bisa menyamainya dalam hal penguasaan bahasa..... Malah mungkin di dunia, baru Sosrokartono yang menguasai sebanyak itu bahasa.... Ia juga orang Indonesia pertama yang kuliah ke Belanda....

Selain seorang genius, dia juga seorang spiritualistik sufi jawa....

Ini link karya eyang sosrokartono, yang sudah saya terjemahkan ===> sugih tanpo bondo

https://www.facebook.com/notes/yolhan-wijaya/falsafah-sufi-jawa/317699244917324/


Nadi EL Wijaya Maaf bah.
Saya kok malah mikir kasihan yg jadi umat islam zaman ini..malah bingung..mau ikut ulama ustad kyai yg mana...?
Mereka sudah terpilah2..

Padahal sama2 islam..
Tapi lihat lah ceramah mereka yg harusnya jadi panutan kami2 yg awam..bikin bingung..
Ulama a..b ..c
Saling bertentangan..
Afwan abah..

=========================

Gak usah bingung..... Ulama itukan cuman manusia biasa..... Bisa salah dan berdosa..... Tidak jaminan masuk surga..... Apa bedanya sama kalian??.... Sama saja....

Cukup ambillah pelajaran dari mereka, tentang perkara yang baik2, untuk urusan ibadah dan untuk mendekatkan diri sama Allah saja..... 

Tertawalah kalau ceramahnya lucu, karena membahagiakan mereka yang ceramah itu juga sedekah.....

Tidak perlu terlalu fanatik sama ulama tertentu, supaya kalian jangan menghina ulama lain yang bersebrangan dengan ulama kalian..... Toh, andaikata kalian masuk neraka, ulama kalian tidak bisa membantu....


==> "Apa itu ulama??.... Ulama itu adalah orang yang berpengetahuan.... Dan pengetahuan terbaik adalah "tahu cela dan salah diri pribadi", sedangkan pengetahuan tertinggi adalah "tahu dan kenal jati diri pribadi"...."

Semoga tidak bingung lagi memilih ulama...

Senin, 17 September 2018


Ini adalah foto Pahlawan nasional dr Ciptomangunkusumo, namanya diabadikan jadi nama Rumah Sakit top di Jakarta, RSCM.

Yang menarik dari dr Cipto ini, selain perjuangan dan pengabdiannya sebagai dokter yang benar2 mengabdi tidak memandang materi.... dia lahir 4 Maret 1886, di Pecangaan, Jepara.  Kota dan Kecamatan yang sama saya dilahirkan....  Jangan-jangan dibelakang rumah saya.... heuheuheu.

Sayang nama dr. Cipto kurang di gaungkan oleh Pemda Jepara .... Karena selama ini nama RA Kartini saja yang dikenal masyarakat di Jepara, jadi tahunya pahlawan dari Jepara, hanya RA Kartini..... Padahal ada juga dr. Ciptomangunkusumo ini..... Sayang, masyarakat Jepara banyak yang tidak tahu, Pahlawan dari tempatnya sendiri....

dr. Cipto adalah teman bung karno, dan juga mentor politik ke-2 bung karno, setelah HOS Cokroaminoto. Pengaruh dr Cipto ini nampaknya yang mengubah pandangan politik bung Karno dari "pan islamisme" menuju "Nasionalis".








Blumbang Segoro njih abah ...
the nun, film horor terbaru 2018 ... 


ada jg kata2 millah yg jg diartikan dngn agama ... itu apa persamaan dan perbedaannya dngn dien ya abah?

========================
saya malah gak tahu, karena belum nonton.... heuheuheu.

مِلَّةَ

Memang seringkali diterjemahkan sebagai "agama atau jalan".... Ada di Qur'an, istilah "millah ibrohim"....

Saya akan terangkan tentang millah.... dari huruf2nya nanti kita bisa tahu maknanya.....

pertama huruf mim..... huruf mim itu adalah simbolik dari "kepala", dikepala itu ada otak, di otak ada akal..... Jadi mim, itu merupakan simbol bagi makhluk yang memiliki akal fikiran yaitu manusia....

huruf lam..... Itu memiliki makna sebagai peruntukan atau persembahan.... seperti kata "lillah" maksudnya "dipersembahkan" untuk Allah....

huruf ta, itu ta tertutup marbuthoh, dibaca sebagai "h", millat ==> millah
ta tertutup itu bersifat feminin/kewanitaan, karena wanita itu pemalu, maka suka "tertutup".... heuheuheu.

Jadi ta disitu sebagai ganti bagi ha, merupakan kata ganti ketiga, yang maksudnya adalah Tuhan....

Dengan demikian, millah itu bisa dimaknai sebagai ==> Jalannya orang yang mempersembahkan dirinya lahir dan batin untuk Allah....

Millah ibrohim itu berarti ==> jalannya orang yang mempersembahkan jiwa raganya untuk Allah sebagaimana ibrohim....

Disitu nampak bahwa antara "DIEN" dan "MILLAH" memiliki perbedaan level tingkatan/strata.... "Dien" itu bersifat umum, untuk orang umum, adapun "Millah" ini sudah untuk orang khusus....

Dienul islam ==> Agama islam secara umum
Millah Islam ==> Jalan keislaman secara khusus bagi orang yang sudah lahir batinnya mempersembahkan diri bagi Allah....

Yang jelas, kalau sudah disebut "millah" tentu sudah harus "mullah", sudah pandai memilah-milah, mencari pilahan bagi pilihan yang tepat.








Minggu, 16 September 2018

M Zaky Adzkiya Bah,,di 10 muharram banyak peristiwa super, hikmah nya apa y bah?
===============
iya, ini saya copaskan potongan cuplikan hadist ttng asyura/10 muharram

"Ya Rasulullah saw, adakah Allah telah melebihkan hari ‘Asyura daripada hari-hari lain?" Maka berkata Rasulullah saw: " Ya, memang benar, Allah Ta’ala menjadikan langit dan bumi pada hari ‘Asyura, menjadikan laut pada hari ‘Asyura, menjadikan bukit-bukit pada hari ‘Asyura, menjadikan Nabi Adam dan juga Hawa pada hari ‘Asyura, lahirnya Nabi Ibrahim juga pada hari ‘Asyura, dan Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api juga pada hari ‘Asyura, Allah SWT menenggelamkan Fir'aun pada hari ‘Asyura, menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub a.s pada hari ‘Asyura, Allah SWT menerima taubat Nabi Adam pada hari ‘Asyura, Allah SWT mengampunkan dosa Nabi Daud pada hari ‘Asyura, Allah SWT mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman juga pada hari ‘Asyura, dan akan terjadi hari kiamat itu juga pada hari Asyura!".

Memang banyak peristiwa besar pada tanggal 10 Muharram.... 

Nampaknya Allah sepertinya juga penyuka angka cantik.... 10 Muharram ==> 10-01

angka 10 itu dalam bawah sadarnya manusia sudah dianggap sebagai nilai sempurna.... Ketika kita menilai apapun itu, skala yang kita gunakan selalu skala 10, Allah menyukai angka 10 ini mungkin karena merepresentasikan KemahasempurnaanNYA.... Sedang angka 1 menunjukkan sisi keunikan, atau tiada duanya.... merepresentasikan KemahaEsaanNYA....

Banyak juga angka lain yang nampaknya dianggap spesial seperti 7 misalnya.....

Jelas bahwa Allah memang penyuka angka-angka yang dianggapNYA cantik, disebabkan angka-angka tertentu tersebut merupakan simbolik sesuatu yang bersifat "pujian" terhadap ALLAH....

Hikmahnya, kalau Tuhan itu suka dipuji, yah pujilah DIA, perbanyak di angka2 cantik yang disukainya seperti 10 Muharram....