Minggu, 04 November 2018

009....Ai Jee lalu bagaimana dgn salah satu ustad kondang tanah air yg lagi naik daun yg mengatakan AJARAN MANUNGGALING KAULO GUSTI ITU ADALAH AJARAN SESAT DAN MENYESATKAN ABI ??apakah kita yg mendengar ceramahnya juga mndot dosa dri fitnh yg dia buat?????
===================

Gak perlu ngomongin orang..... Biasa saja kalau ada orang yang mengatakan ajaran manunggaling kawulo gusti itu SESAT..... Mengapa??.... Karena mereka tidak mempelajari banyak bidang2 pendidikan yang lainnya..... Seperti fisika, kimia, biologi dan tasawuf....

Apa gunanya mempelajari banyak bidang??

Agar TAHU, bahwa kemanunggalan itu banyak sekali jenis ragamnya, kalau hanya belajar FIQIH gak akan faham ini..... Saya akan beri contoh2 kemanunggalan:

1. Air  + gula + kopi diaduk akan manunggal.... tetapi kemanunggalan seperti ini, tidak terjadi persenyawaan kimia antara air, gula dan kopi.

2. Logam besi + nikel dilebur akan manunggal menjadi stainlesssteel, disebut alloy/paduan logam. kemanunggalan seperti ini menyatu tapi tidak bersenyawa.

3. H2 + O2 manunggal menjadi air H2O, kemanunggalan seperti ini menimbulkan sebuah zat baru dan terjadi persenyawaan. antara hidrogen dan oksigen.

4. Resonansi, dimana satu benda ikut bergetar karena getaran benda lain akibat sama frekuensinya. kedua benda ini pun manunggal walaupun tidak bersentuhan sama sekali.

5. Antar manusia, yang sejiwa dan se ideologi inipun manunggal dalam satu penjiwaan dan ideologi. 

6. Kerja antar fungsi2 sistem hormon atau organ tubuh, ini juga kemanunggalan karena semua sinergis....

Dan masih banyak lagi contoh kemanunggalan yang lain.... mungkin ada puluhan ragam kemanunggalan....

Kalau kalian sudah faham berbagai bentuk kemanunggalan, barulah bicara tentang kemanunggalan manusia dengan Tuhan..... Jika tidak faham ini.... Pasti akan ngaco..... 
















3 komentar: