Selasa, 01 Oktober 2019

#285

Assalam...
Adakah pencerahan untuk seorang yang kecewa akan dirinya...
Tuna netra, tuli, bisu, tak punya tangan, atau kaki cuma satu...
Yang ketika bergaul fengan temannya selalu di hina...
Yang mungkin juga akan kesulitan tentang bekerja ataupun jodoh...
Assalam...
=============
Waalaikumsalam

Di dunia ini ada yang terlahir kurang beruntung, misalnya lahir dalam keadaan cacat, tangan buntung, kaki buntung, buta, bisu, tuli... Ataupun lahir yatim, lahir terus dibuang orangtuanya sendiri, lahir dari keluarga sangat susah.... Dsb

Macam-macam nasib orang....

Tetapi yang paling menggembirakan adalah, "kalian gak pernah sendirian...." Selalu ada orang lain yang nasibnya serupa....

Kalau kalian buntung, lumpuh, cacat, buta dsb, ada banyak yang seperti kalian, artinya kalian bukan satu-satunya yang menderita...

Kalau kalian yatim, miskin dan sengsara juga banyak kok temennya... Heuheu...

Merasa tidak menderita sendirian, itu menguatkan hati.... Jadi gak perlu kecil hati sama nasib.... Biasa saja.... Heuheuheu
======
Almarhum Bapak angkat saya dahulu menderita kelumpuhan permanen, jadi seumur hidupnya harus duduk dikursi roda.... Kerjaan saya selama beberapa tahun diantaranya jadi tukang dorong kursi roda, buang air kencingnya yang diplastikin...

Tetapi, meski lumpuh, semangat bapak angkat saya sangat tinggi.... Selalu aktif bekerja meski lumpuh diatas kursi roda... Bahkan sampai keluar masuk hutan, mengurusi kerjaan, saya yang dorong atau seret2 ataupun angkat kursinya...

Terbukti bapak angkat saya bisa jadi pengusaha pengeboran batubara... Dengan memulai usaha dalam keadaan lumpuh... Memulai dari nol... Ketika saya datang keadaannya masih hidup sederhana, duit pas pasan...

Jadi cacat itu bukan berarti tidak bisa maju, bukan berarti tidak bisa sukses.... Bukan suatu alasan untuk mengeluh....

Saya dulu hidup di kalimantan, numpang sama bapak angkat saya dan membantunya disana.... Dorong kursi roda kesana kemari, bahkan sampai keluar masuk hutan urusi kerjaan pemboran...

Kebayang kan, orang lumpuh sampai keluar masuk hutan?? naik mobil carry tua, dan tubuh bapak angkat saya besar, tingginya 180cm, gemuk.... Bagaimana repotnya.... Dan dia bisa jadi seorang pengusaha.... Karena kegigihannya....

Kenangan masa2 itu, kuat menancap di hati saya... Saya mewarisi semangatnya sampai sekarang... Pantang menyerah dan pantang mengeluh...

Hidup itu, janganlah memandang kekurangan kita, tapi pandang kelebihan kita, lihat potensi kita, pacu kemampuan kita.... Jangan kalah sama nasib...

Sarjana mengeluh susah kerja ==> Tolol
Lumpuh, cacat mengeluh keadaan ==> Tolol
Miskin fakir mengeluh keadaan ==> Tolol
Jomblo mengeluh susah jodo ==> Tolol

Harus cemungut.... ==>"Tidak ada yang tidak bisa kecuali makan kepalamu sendiri"















2 komentar: