Kamis, 06 Desember 2018

043.....Zahrotus Syita

@ Fatwa Kehidupan : dari mana anda mengartikan "subuh" itu suci???
Sedangkan tentunya yang anda maksudkan dari kata "subuh" ditulisan anda diatas adalah صبح yang artinya adalah pagi hari....


Jika yang anda maksudkan dengan arti "suci"...maka tulisan arabnya adalah سبح ... Dimana tidak mungkin kata tersebut dibaca "subuh"... Karena kata itu pasti dibaca "sabaha" atau "sabbaha" jika ditasdid ba' nya... 

Tolong fahami segala sesuatunya dengan keilmuan yang tepat... Bukan asal otak-atik gatuk nurut "otak" anda....

Sengaja disitu saya menggunakan kata "otak" bukan "akal"... Supaya anda pun bisa memikirkannya...
==========

1. dari mana anda mengartikan "subuh" itu suci???

Dari dulu.....

صبح dan سبح memang beda huruf depannya.... Tetapi 2 kata ini berasal dari "akar"/nenek moyang yg sama.... Yang melambangkan sebuah kesucian....

Lalu dipakai kata صبح khusus untuk waktu yang penuh kesucian/pagi hari... Lihat kan kalau pagi itu udara sejuk segar bersih, seperti sebuah kesucian.....

Kata سبح dipakai untuk kesucian yang bersifat tidak mengandung cela/najis.

Kalau nanti saya maknai fajar (waktu fajar) sbg fujur..... Kamu jangan protes.... Karena fajar (wkt menjelang subuh) adalah waktu dimana bnyak kejahatan setan berlangsung....

===
Tambahan
صبح kalau saya takwil maknanya adalah kebaikan yang disertai rahmat
سبح kalau saya takwil maknanya adalah rasa sayang yang disertai rahmat

Habis fajar terbitlah subuh
Habis gelap terbitlah terang
Habis kotor terbitlah suci

#kalau kalian menganggap saya ngawur, maka saya katakan, saya memang bertahun-tahun nulis ngawur.... Heuheuheu.

Bahkan tahukah kalian, saya tidak punya basic pendidikan agama baik kuliah ataupun pesantren.... Saya hanya pernah sekolah madrasah di kampung sampai kelas 1 doank.... Hanya belajar alif ba ta saja....

Tapi marilah saya tanya kalian, prnahkah kalian temukan org yang pendidikan agamanya hanya sampai kelas 1 madrasah kampung, bisa menulis seperti saya selama bertahun2, tanpa kehabisan inspirasi???....



5 komentar: