Rabu, 21 Desember 2016

Dalam penjelasan tentang Tauhid pada pembahasan sebelumnya, saya telah ulas tentang 3 prinsip dasar dalam tauhid, yang pertama adalah "aturan semesta" (robbul alamin), di dalam memahami aturan semesta ini kita mesti memahami dahulu hukum sebab-akibat......

Saya telah memberi contoh sederhana, bahwa jangan mencubit jika tidak ingin dicubit..... contoh lain, misalnya jangan berbuat buruk jika tdk ingin dibatasi buruk.... berbuatlah kebaikan jika ingin dibatasi baik.....

Bisakah saudara sebutkan contoh sebab akibat yang lain???....

Ini sangat penting dalam ketauhidan, karena yang tidak memahami sebab akibat akan selalu mengatakan serupa ini:

"Mengapa hidup saya sengsara, menderita, penuh rintangan, berusaha susah, kerjaan selalu gagal dsb....."


"Tidak akan timbul suatu akibat tanpa diawali suatu sebab".....

Mengerti tentang sebab akibat, akan membawamu kepada pengertian yang dalam atas "aturan semesta", dan mengerti tentang aturan semesta akan memahamkanmu kepada pengatur semesta......

Engkau yang selalu menyebut, Yaa Robb,wahai Robbku
dsb, namun tidak kenal aturan semesta, bagaimanakah bisa engkau bertauhid???....

Tidak mengerti aturan semesta itu berarti tidak mengerti orbital hidup, akan cenderung berbenturan dan merusak keindahan..... Sedan triliunan bintang2 dilangit saja mengerti aturan semesta, memahami orbitnya masing2 karenanya tidak bertabrakan satu dengan lainnya.......

9 komentar:

  1. ikut hadir Abah Guru ...... satu pertanyaan Bah, apakah hukum sebab akibat itu bagian atau masuk kedalam yang namanya " jatah " ..... Mohon penjelasannya Abah Guru, salam hormat.

    BalasHapus
  2. Bisa abah.. Contoh seorang bapa yang dulunya menjaga anaknya secara acuh tak acuh atau tidak lansung menjaga anknya,apabila si ayah sudah tua , anaknya tidak mau menjaganya... Benarkah begitu abah?

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum...
    Saya salah satu pembaca setia postingan abah ataupun status-status abah di fanpage facebook... Hampir setiap hari saya selalu nunggu2 postingan dari abah terkait apapun. karena semua postingan abah selalu menjawab stiap pertanyaan yang tak terjawab... mudah dicerna,. mengena, dan sangat cetho alias jelas, membaca postingan abah seperti mendapat siraman pengetahuan ilmu baru.
    Sampai akhirnya ada niatan dalam hati ingin sowan ke abah dan belajar langsung tentang ketauhidan... ingin minta bimbingan laku kepada abah... Keyakinan itu timbul sejak saya aktif mengikuti tulisan-tulisan abah.... Dan sebenarnya banyak hal yang ingin saya tanyakan kepada abah, tapi kalau saya tuliskan di sini sepertinya terlalu terbatas.. makanya saya ingin sowan ke kediaman abah. Namun saya bingung g tahu alamatnya. Kalau berkenan, saya minta alamat abah. mohon maaf dan maturnuwun abah.,......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa sy tahu apa nama fb saudara ya?

      Hapus
    2. Ini Fb saya
      https://www.facebook.com/syareefuddin

      Hapus