Kamis, 20 September 2018



Fuad Ardiyansyah Koq baru tau ya, makasih infonya
Rochmat Moe Ijin share....saya sbg putra Jepara merasavmalu krn tdk mengetahui
Kayukraft Aq orang jepara jga baru tauu..
Annas Mahyuddin AL Azhar Aq orang Jepara aja malah baru ngerti klo dr.ciptomangunkusumo klhran Jepara..
Serba Aneka Aku wong Purwogondo wae kok lagi ngerti. Faiq Roi, kwe ngerti sejarahe iki, Dr. Cipto ?
Bloho Bloho Makam nya di mana,,rmh nya sebelah mana,,baru tau sejarah ini..
Ahmad Roni Mosok sih, tau sekolah lg ngerti iki, opo guru ku rk phm sejarah.
========================
Wong Njeporo kok malah plonga-plongo dibilang dr Cipto MangunKusumo itu kelahiran Pecangaan, Jepara.... Ini menyedihkan sekaligus memalukan....
Biar saya ceritakan sejarah singkat, masa kecil dr Cipto, dari berbagai sumber.... Supaya kalian ngerti, karena memalukan sampai ada Pahlawan nasional tidak diketahui orang di daerahnya sendiri.... Saya orang Jepara merasa malu....
Bapaknya dr Cipto Mangunkusumo bernama Bpk Mangunkusumo, asalnya dari daerah Ambarawa. Dia guru bahasa melayu. Sebagai guru, tugasnya sering berpindah-pindah, suatu ketika bertugas di Pecangaan, Jepara. Disinilah pak mangunkusumo akhirnya menikah dengan wanita asal Mayong, Jepara, yang bernama RA Suratmi, anak tuan tanah dan kasir pabrik gula di Mayong.
Perkawinan ini melahirkan anak sulung bernama Cipto mangunkusumo, lahir di Pecangaan, Jepara, pada 4 Maret 1886. Rumah yang ditempati pak Mangunkusumo, kemungkinan adalah rumah dinas, karena statusnya sebagai guru (kepala sekolah saat itu). Pada usia 6 tahun, dr Cipto dikirim ke ambarawa, dititipkan ke pamannya, untuk disekolahkan disana, karena pada masa itu ambarawa sudah maju, dan sekolahnya berkualitas bagus. Jadi rentang waktu dr. Cipto Mangunkusumo berada di Pecangaan, Jepara hanya sekitar 6 tahun saja. 
Dr. Cipto 11 bersaudara, diantara nama adik2nya, ada yang bernama kartini dan kartono, nama yang mengambil dari nama tokoh Jepara RA. Kartini dan kakaknya. 
Dr. Cipto juga pernah buka praktek di solo, dan ikut serta dalam pendirian Budi Utomo, serta  mendirikan RA Kartini Club.
Dari nama2 adiknya, yaitu kartini dan kartono, juga dr nama "RA. Kartini Club" yang didirikan dr Cipto Mangunkusumo, sudah JELAS bahwa dr Cipto memang lahir di Pecangaan, Jepara. 
Dr Cipto Mangunkusumo wafat di Jakarta, 8 Maret 1943, dan dimakamkan di Ambarawa, kampung halaman bapaknya.
Meski dr. Cipto ini bapaknya bukan asli Jepara, tapi Ibunya asli mayong, Jepara. Dan dia lahir di Pecangaan, Jepara. 
Sudah selayaknya, kalian yang di Jepara, USULKAN KE BUPATI JEPARA, untuk pembuatan tugu peringatan, Kelahiran dr Cipto Mangunkusumo di Pecangaan.  "Ingat!! JASMERAH, jangan sekali-kali lupakan sejarah" ~Soekarno
#Urusan Serius iki, viralkan










4 komentar: