Sabtu, 08 September 2018

Rani Anjani Sapi Betina (Al-Baqarah):30 - Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi".........

Rani Anjani Al-Qurthubi dan yang lainnya berdalil dengan ayat ini mengenai wajib mengangkat seorang khalifah untuk memutuskan perkara yang diperselisihkan di antara manusia, memutuskan persengketaan mereka, ..........

Rani Anjani udlm khilafah ada ukhuwah dan justru umat islam terpecah2 saat ini krn tiadanya khilafah maka demi ukhuah islamiah kita harus memiliki khilafah.
===============
Baik saya jawab..... Karena panjang saya potong, lengkapnya bisa baca di komenan....

1. "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi"......... ==> Saya sudah jadi kholifah atau pemimpin bagi diri saya sendiri dan keluarga saya..... Kalian pun sudah jadi kholifah, setidaknya bagi diri kalian sendiri, jadi ayat itu sudah sejak dulu terlaksanakan.....

2. Wajibnya mengangkat kholifah, ini sudah sejak dulu ada di Indonesia, karena kholifah itu artinya pemimpin, di desa sudah ada lurah sebagai kholifahnya, di kecamatan sudah ada camat sbg kholifahnya, di kabupaten sdh ada bupati sbg kholifahnya, di propinsi sudah ada gubernur sbg kholifahnya, di negara sudah ada presiden sbg kholifahnya.... Kalau sudah ada kholifah, lalu kholifah macam mana pula yang kamu maksudkan ini??

3. Begini, keadaan masa khulafaurrosyidin berbeda dengan keadaan di Indonesia saat ini. Dulu disana manusianya relatif seragam, secara agama manusianya islam semua, secara ras orang arab semua. Maka membuat sistem "ke kholifahan" itu memungkinkan, sebab sistem khilafah TIDAK mengakibatkan kerusakan dalam ukhuwah.

Adapun di Indonesia, manusianya heterogen, banyak agama, banyak suku, banyak bahasa..... Sistem khilafah membuat pro dan kontra, padahal baru di wacanakan, belum lagi dilaksanakan, sudah pada pecah belah, makanya kita tiadakan sistem khilafah, kita gunakan sistem ukhuwah..... 

Dalam hal ini, sistem khilafah yang saya maksud adalah semacam "negara islam".... sistem khilafah yang kamu maksud yang seperti apa??.... Karena saya melihat sistem khilafah yang banyak digembar-gemborkan masih rancu, dan tidak jelas, apakah mau bikin negara islam atau bagaimana??.... Kalau DI/TII kan jelas, mereka mau bikin Darul Islam, negara islam, sama2 sistem khilafah, tapi tegas arahnya tidak rancu....

Walau di Indonesia ini mayoritas muslim, tetapi kalau kita lihat yang non muslim walau sedikit mereka menguasai daerah yang luas, seperti papua, lalu ada dayak dikalimantan, hindu di bali dsb.... Selain daerah, mereka juga menguasai bidang2 vital seperti ekonomi.... Jadi peran serta mereka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga besar....










4 komentar: