Rabu, 05 September 2018

Khilafah VS Ukhuwah

Hari hari ini isu tentang khilafah kadang masih muncul ke permukaan.... Ada sebagian dari umat islam yang menghendaki sebuah sistem khilafah di terapkan di Indonesia.... Sebenarnya pemikiran pendirian khilafah ini adalah sesuatu yang sudah lama ada di Indonesia, karena dahulu sudah ada DI/TII, yang memiliki cita-cita yang hampir mirip yaitu berdirinya Negara Islam Indonesia..... Kemudian akhirnya ditumpas karena pemberontakan.....

Sejarah bangsa kita memang diwarnai dengan beberapa pemberontakan baik dari kelompok kiri yaitu PKI (komunis) dan kelompok kanan yaitu DI/TII (ekstrimis islam).....

Negara kita pada dasarnya lebih memilih menerapkan sistem "UKHUWAH" daripada "KHILAFAH".....

Ukhuwah adalah sistem islam yang mengedepankan semangat persatuan dan persaudaraan, baik sesama islam, ataupun dengan non-muslim....

Adapun khilafah adalah sistem islam yang dipimpin oleh seorang kholifah atau amir atau imam, semacam sebuah kesultanan/kerajaan.

Ukhuwah lebih lentur dan fleksibel daripada sistem khilafah, karena ukhuwah lebih mengutamakan semangat persaudaraan, sehingga dalam semangat persaudaraan, toleransi dan musyawarah menjadi suatu yang diutamakan.

Bentuk negara NKRI, dengan Pancasila dan UUD 45, merupakan contoh sistem Ukhuwah. Merupakan hasil "kompromi" berbagai situasi dan kondisi negara, untuk mencari bentuk/pola yang bisa diterima semua golongan baik muslim maupun non-muslim.

Maka negara kita lebih memilih bentuk sistem Ukhuwah ini ketimbang khilafah.....

Khilafah dan Ukhuwah sama-sama ajaran islam, namun khilafah bukan kewajiban, sedang ukhuwah adalah sebuah kewajiban, maka kita wajib menjaga persatuan dan persaudaraan baik sesama muslim, maupun dengan non-muslim, sebagai sesama anak bangsa.

Jika adanya khilafah bisa mengganggu ataupun merusak ukhuwah, maka ukhuwah itu yang mesti didahulukan, khilafah bisa ditiadakan.





4 komentar: