Rabu, 22 Mei 2019

203.... Kang Aef Assalamlykm? Punten abah guru
Sudi kiranya abah menjabarkan antara wahyu (وحي) dan ilham (الهام)huruf demi huruf.
Apakah ad perbedaan diantara ke duanya & apakah masih ada wahyu pd masa skrng ini ???

=======================
Waalaikumsalam

wahyu وحي


1. waw و ==> sesuatu yang diturunkan
2. ha ح ==> Tuhan yang maha merahmati
3. ya ي ==> huruf tambahan yang menyiratkan sebuah tujuan

Makna takwil dari wahyu adalah sesuatu yang diturunkan oleh Allah yang maha merahmati, untuk tujuan tertentu.

ilham إلهام

1. hamzah إ ==> instruksi (dalam hati)
2. lam ل      ==> bagi
3. ha ه       ==> kehidupan
4. alif ا      ==> (huruf tambahan)
5. mim م    ==> manusia

Makna takwil dari ilham adalah suatu instruksi (berupa intuisi) yang muncul dalam hati bagi kehidupan manusia....
===========

Sekarang saya akan bahas perluas lagi tentang wahyu dulu.... Wahyu ini banyak macam ragamnya, diantaranya:

wahyu nubbuwah/wahyu kenabian dan wahyu ghoiru nubbuwah/non kenabian....

wahyu nubbuwah adalah wahyu yang diterima para nabi, sedang yang non-nubbuwah adalah yang diterima manusia/makhluk selain para nabi..... Demikian juga ilham, ada ilham nubbuwah (kenabian) ada yang non-nubbuwah....

Seperti firman Allah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", An Nahl Ayat 68

Itu jelas menunjukkan, bahwa lebah saja mendapatkan wahyu Allah, bukan cuman manusia.... gamblang kan??.... ini jenis wahyu non-nubbuwah...

Apa bedanya wahyu dengan ilham??.... Simak takwil di atas.... 

==> Jelas bahwa ilham itu khusus muncul "dari dalam hati" (prosesnya tanpa melibatkan turunnya utusan malaikat) tapi langsung dari dalam hati nurani insan.... 

Adapun wahyu, bisa muncul dari dalam hati (berupa bisikan dalam hati dari ruh qudus), bisa juga tidak (berupa pengutusan malaikat yang menjelma) dsb. Prosesnya melibatkan pengutusan malaikat atau disebalik hijab (hijab bisa berupa wujud manifestasi Tuhan).

apakah masih ada wahyu pd masa skrng ini ??? ==>

Wahyu dan ilham akan selalu ada..... Hanya wahyu nubbuwah dan ilham nubbuwah (kenabian) sudah selesai.... Tinggal yang non-nubbuwah saja.....

Sampai sekarang Allah masih memberi wahyu lebah untuk membuat sarangnya (lihat An Nahl Ayat 68).... 

Wahyu dan ilham walyah (kewalian) masih ada.... tapi non-nubbuwah..... sifatnya ibarat potongan-potongan yang tidak utuh/tidak lengkap.... tidak seperti wahyu dan ilham kenabian yang utuh lengkap.... Itulah sebabnya auliya/ wali-wali Allah, kadang masih perlu rapat/musyawarah.... Karena yang diterima satu dengan lainnya cuma dapat sepenggal-sepenggal, harus disatukan dahulu, untuk mendapatkan gambaran yang utuh/lebih sempurna....


























28 komentar:

  1. Bah curhat,aku udah cerai bah kata alloh gk boleh nikah lagi,kalau ruhaniku lagi naik aku bisa tanpa wanita kalau ruhaniku turun aku ingin wanita,trus aku gak boleh kerja sama muhammad saw sampai aku stabil doain aku bah tapi aku tetap gunakan hisibku meskipun abah melarangnya,entar serangan gaib lagi aku gak mau menderita lagi bah

    BalasHapus
  2. Bah kalau aku sholat jadinya yg sholat muhammad saw dan alloh ketawa2 jadi sholatnya sambil ketawa kewi kadang abah juga ikut masuk ketawa

    BalasHapus
  3. Baiknya menurut abah aku nikah lagi gak bah,biar aku timbang2 pendapat dari abah aku rindu hangatnya pelukan wanita juga,tapi gak boleh nikah lagi

    BalasHapus
  4. Bah aku pernah mimpi sholat mamum nabi muhammad saw dilangit ke 5 aku jejeran sama abah,tapi abah cuek bgt sama saya sambil bilang pulang duluan kamu jangan ikut abah,trus abah pergi duluan dan aku ditinggal trus aku pulang kerumah sendiri

    BalasHapus
  5. Aku gak tahu lagi bah bingung kalau aku jd diriku sendiri melihat wajahku itu kalau gunakan hisib kalau jahar saya bingung gak ngenali diriku aku jadi alloh rasanya dan jd abah jadi istriku gak mau lg dgnku karna bukan aku aku ya ketawa aja gueh udah diupgrad tapi istriku sukanya aku yg dulu

    BalasHapus
  6. Ini wiwit sekarang udah besar ruhaniku udah baligh bah,tapi istriku malah pergi ya gpp bodo amat,abah mengenali wajahku gak bah

    BalasHapus
  7. Lho jangan blagu sama gueh mbah memet syeh siti jenar muhammad saw dan alloh ngajarin gueh ini guru gueh start belajar dari abah

    BalasHapus
  8. Mbah memet nyuruh gunakan wening yg dari abah
    syeh siti jenar ngajarin wening manunggal kawulo gusti
    muhammad saw ngajarin innallohalghofuururrohiim
    alloh nyuruh gunakan hisbunashor dan nyuruh sholat

    BalasHapus
  9. Bah aku udah bosan hidup tapi gk mati mati,berat bgt gueh sampai dipukulin karna aku pertahankan cinta,tapi aku gak kuat aku cerai aja yg sakit hatiku bah kok gini amat belum serangan gaib .Kata alloh ini keren

    BalasHapus
  10. Setelah aku cerai aku diijinin nlembuk sama alloh cuma 1 kali doang aku ikutin aja cerai juga alloh yg nyuruh tinggalin aja

    BalasHapus
  11. Kata alloh abah kok gak pulang pulang alloh rindu

    BalasHapus
  12. Bah gueh dan lo berada dalam 1 titik,gueh bantu lo memikul murid2mu didasar neraka,dan gueh juga berdiri disamping abah dikapal abah

    BalasHapus
  13. Lho enak2an duduk dipohon sajarotulyakin,bisane mung nyawang gueh

    BalasHapus
  14. Gueh dilangit ke 7 bah disatu sisi gueh didasar neraka sama malaikat malik ada seh abi hasan lg nyariin gueh

    BalasHapus
  15. Daridulu gueh kalau ada orang mati ikut nanggung sakit sakarotul mautnya gueh lebih tinggi dari rosul muhammad saw agar rosul muhammad saw tetap pada kedudukanya mending gueh yg jd anak panahnya

    BalasHapus
  16. Kalau abah mau bantu aku kita bareng aja atau lebih tinggi dariku malah bagus abah dikirkan aja sesuka abah,INNALLOHALGHOFUURURROHIIM ini startnya bah entar ada ilmu baru dari alloh

    BalasHapus
  17. Kalau abah mau gunakan ilmuku yg terakhir itu sholat 1 rokaat aja dalam 24 seminimnya 1 kali tapi bisa berkali kali,niatnya pas takbirotul ikrom aku sholat ke alloh

    BalasHapus
  18. Kalau gueh bah tentang sholat bisa gunakan 1 rakaat dalam 24 jam seminimnya 1 kali juga bisa yg 5waktu sama aja ini udah di resmikan sama alloh

    BalasHapus
  19. Kalau wening dari seh siti jenar duduk bersila telapak tangan kanan ditempelkan ditelapak kaki kiri,telapak tangan kiri ditempelkan ditelapak kaki kanan pejamkan mata wening dah kek gitu doang,ini tentang manunggal kawulo gusti

    BalasHapus
  20. Dulu di arab gak ada rokok bah sekarang dijawa ada rokok,ummatii kuluhum fil jawi,lho tahu siapa gueh kan bah

    BalasHapus
  21. Abah ke purwokerto bah temuin gueh,no wa gueh 088227208092
    alamat.melung rt 02 rw 04 kec.kedungbanteng kab.banyumas kota purwokerto

    BalasHapus
  22. Kalau bisa abah pindah aja kepurwokerto banyak ahli sirr disini,jd abah gak sendirian lagian abah diciputat juga gak aman perumahan banyak disini

    BalasHapus
  23. Ana khoiro minhum biar lho panas ntar lho naik lagi haha

    BalasHapus