Jumat, 31 Mei 2019

218.....Tanya bah
Kalau Hakekat puasa apa ya?
====================

Puasa itu ngeden.... Layaknya orang yang berak atau beranak, akan ngeden dulu.... Jadi ngeden ini dalam rangka untuk "mengeluarkan sesuatu"....

Kalau kamu banyak tahi diperutmu, kamu ngeden untuk mengeluarkan tahimu. Ini gambaran puasanya orang awam/umum. Yaitu untuk mengeluarkan kotoran mudhorot-mudhorot, dosa2, dari dalam dirinya.

Untuk orang khusus, ini ngedennya seumpama ngedennya orang mau melahirkan bayi. Habis begituan terus hamil, terus ngeden untuk melahirkan bayinya. Yaitu melahirkan buah2 keindahan dan manfaat yang diperoleh selama berhubungan intim dengan Tuhannya.

Dalam ngeden itu ada tekanan dan kontraksi. Ada kesulitan2 dan siksaan lahir dan batin yang harus diterima dan dijalani dengan ikhlas dan sabar. Seperti inilah puasa itu, yaitu menahan siksa dan kesukaran dalam hidup dengan penuh sabar dan ikhlas. Demi untuk mengejawantahkan dan mewujudkan kehendak suci Allah.

Oleh karenanya Allah mengatakan, "puasa itu untukKU".... Untuk melahirkan apa yang ditanamkan Allah, selama masa percumbuan sebelumnya.

Tanpa kelahiran bayi2 ajaib itu, umat manusia akan sulit diselamatkan.

3 komentar: