Minggu, 07 Oktober 2018


Ekonomi negara nampaknya mengalami kemerosotan. Walau tidak luar biasa, tapi merosotnya ekonomi mulai banyak yang merasakan dampaknya.... Selain itu dollar yang sedang naik di angka 15.000,- juga bisa menambah berat beban.

Saya lihat faktor dalam negeri yang membuat hal ini terjadi adalah karena terlalu cepatnya pembangunan infrastruktur, yang tidak diimbangi dengan penguatan fundamental ekonomi masyarakat.

Disatu sisi infrastruktur melaju kelewat cepat, disisi lain fundamental ekonomi tidak bisa mengejar. Akibatnya pembangunan kurang balance..... Utang bertambah disatu sisi, kemampuan bayar menurun disisi lainnya.....

Saya sangat berharap, pemerintah kedepan mau kembali mengadakan program BLT (bantuan langsung tunai) seperti pada masa pak SBY dahulu, karena ini sangat bangus untuk mensupport arus ekonomi masyarakat bawah..... Dengan bergeraknya ekonomi bawah, ini nanti akan mendorong arus ekonomi diatasnya....

BLT lah program yang paling memiliki kemiripan dengan sistem "ZAKAT"....

Saya lihat, selama saya bersentuhan dengan urusan "sosial", banyak masyarakat miskin yang memang keadaannya mungkin "SULIT" diupgrade, secara ekonomi.... Ini karena SDM mereka memang sudah "mentok" segitu aja, sangat rendah, jadi sulit juga kalau diharapkan bisa berkembang.... Mungkin 2-3 generasi kebawah, nanti SDM mereka mulai meningkat....

Jadi masyarakat miskin, masih perlu BLT, saya harap pemerintah mau mengadakan kembali BLT..... Ini untuk menggerakan ekonomi bawah, kurangi kesenjangan ekonomi dan tingkatkan kestabilan....


3 komentar: