Minggu, 06 Agustus 2017

Kalau saudara mengira saya pinter ilmu agama, itu sebenarnya kurang tepat..... Walau saya jadi gurunya banyak orang tapi saya juga tidak pinter ilmu agama.....

Saya hanya menguasai apa yang fundamental saja, yang sederhana saja, karena agama bagi saya itu tidak rumit....

Yang saya mengerti yah, agama itu berarti a+gama = tidak kacau, dalam bahasa lain bisa diartikan sebuah ketertiban, keteraturan, keindahan dsb....

Yang saya fahami tentang pokok dari agama yah seumpama begini, kalau saya lapar, saya makan, kalau saya haus saya minum, kalau ngantuk saya tidur, kalau merasa lucu saya tertawa, kalau sedih saya nangis..... sederhana kan?....

Kok begitu?....

Ya coba kalau saya lapar, lalu saya gak makan, maka jadilah saya gama (kacau), apanya? yaitu kacaulah sistem pencernaan saya.... ini namanya perut saya tidak beragama (karo nguyu)

kalau haus saya gak minum, saya pun kacau, sistem metabolisme saya, bisa dehidrasi, metabolisme saya tidak beragama (karo nguyu lagi)

kalau ngantuk gak tidur, kacau sistem peredaran darah saya..... peredaran darah saya jadinya tidak beragama....

kalau lucu gak ketawa, wah wah, bisa kacau syaraf otak saya.... heuheuheu (ini bahaya, kalau otak saya sampai tidak beragama)

Jadi bagi saya, inilah ushul bahkan asal ushul, bahkan asal ushulnya ushul, bukan ushul asal asalan, bukan pula ushul yang diusel-uselkan....

Kalau kamu buang sampah sembarangan, maka bagi saya, kamu TIDAK beragama, karena kamu bikin KACAU sistem got, sungai, lalu banjir karena pada tersumbat....

Kalau kamu kencing sembarangan, bagi saya, kamu tidak beragama, karena kamu bikin kacau sistem penciuman orang2.....

Kalau kamu memaki-maki orang sembarangan, hasut sana sini, bikin orang pada berkelahi, bagi saya kamu tidak beragama, karena kamu bikin kacau kerukunan orang2.....

Kalau kamu jajan gituan sembarangan, bagi saya kamu tidak beragama, karena kamu bikin kacau sistem nasab, keturunan, jadi lahirlah yang gak jelas bin nya siapa, apa mau ditulis "bin atang"?...

Kalau kamu tina tini (tipu sana tipu sini) bagi saya kamu tidak beragama, karena kamu bikin kacau masyarakat dan membawa kerugian kepada orang2....

Demikian seterusnya bisa saudara teruskan sendiri....

#jangan kacau

4 komentar: