Rabu, 09 Agustus 2017

Saya membaca status tentang pertanyaan bagaimana caranya sholat khusyuk..... dan wah, banyak yang komen pinter2..... heuheuheu.....

Ada juga yang merasa sudah "ngerti" ilmunya sholat khusyu', sudah bisa khusyuk, bisa ngajari khusyuk dsb..... Wah, hebat, hebat.....

Tapi saya katakan bahwa itu semua bukan khusyu', namun "MERASA KHUSYU'"......

Saya ilustrasikan begini......

kamu sholat, fokuskan bacaanmu, fasihkan bacaanmu, mengerti kalimat demi kalimat, bayangkan seolah2 Allah sdg dihadapanmu, menyaksikanmu menyembahNYA, menilai sholatmu, lalu kamu dengan penuh gemetaran, ketakutan menyembahNYA, sambil nangis2 kalau perlu karena ingat dosa2mu....dst.....

Itu semua namanya "MERASA KHUSYUK", bukan khusyuk.....

Banyak pelatihan sholat "merasa" khusyuk spt itu.....

Kalau saya kan berbeda, saya jujur mengakui dan mengatakan kalau saya masih BELUM BISA khusyuk, kamu tahu kenapa??,

karena "KEJUJURAN" itu adalah bagian dari "KEKHUSYUKAN" itu sendiri.....

Bagaimana mungkin kekhusyukan itu engkau awali dengan menipu dirimu sendiri, engkau hanya merasa rasa, seolah meraba raba Ketuhanan, tetapi sejatinya yang engkau raba hanya angin lalu belaka.....

engkau tak lebih dari penjual janji-janji palsu tentang kekhusyukan, padahal hatimu tahu, engkau tak bisa menjual langit biru.....








5 komentar: