Sabtu, 25 November 2017

Sanad

Atau silsilah keilmuan.....

Pada dasarnya mempertanyakan sanad guru adalah suul adab,  karena hal demikian berarti meragukan seorang guru dalam mendidik.... Saya dahulu berguru dan tidak pernah menanyakan sanad keilmuan guru saya,  dan hasilnya seperti saya sekarang..... Mungkin engkau yang sibuk menanyakan sanad,  lalu berguru,  hasilnya seperti kamu sekarang.....

Tatkala diantaramu bertanya tentang sanad kepada saya,   maka saya jawab sanad saya dengan deskripsi kegiatan sosial untuk mengajakmu turut bersedekah..... Karena sedekah itu sanadnya langsung dari Allah disampaikan melalui Rasulullah Saw untuk umat manusia....

Ternyata banyak yang lebih tertarik sanad versi tulisan kertas yang berisi nama guru A ke guru B,  ke guru C dst.... Dibandingkan ajakan sedekah,  yg sanadnya langsung diridhoi Allah dan RasulNya....

Maka kukatakan saja padamu semua yang hendak membangga banggakan sanad versi tulisan kertasmu itu,  "makanlah sanadmu itu"....

Dunia butuh tindakan nyata,  tidak butuh sanad versi tulisan diatas kertasmu itu.....

1 komentar: