Senin, 21 Mei 2018

ابو طوبي Dari kitab apa ini mbah?......
======================

Saya sering mendapat pertanyaan seperti ini...... rujukannya darimana?..... kitabnya apa? dsb.

Baiklah, bagi saudara-saudara yang mungkin memiliki pertanyaan seperti itu, akan saya jelaskan bagaimana saya mengkaji ilmu dan bagaimana saya menjawab berbagai pertanyaan selama beberapa tahun ini.... 

Saya tidaklah belajar seperti kebanyakan dari saudara sekalian belajar, dimana saudara mungkin mengkaji berbagai kitab kitab yang banyak sekali..... 

Cara saya belajar lebih banyak kepada kontemplasi, tafakur, memencilkan diri, ditempat-tempat sunyi senyap, sendiri, maka saya mengkosongkan batin saya dari apapun, saya dalam keadaan bodoh, tidak berilmu dan tidak mengerti. Melalui proses batiniah yang panjang itulah setitik demi setitik Allah menganugrahkan pancaran cahaya kelembutaNYA yang membuat saya bisa memahami banyak sekali perkara dalam agama, dimana banyak sekali bagian bagian yang belum pernah ada dan tertulis di kitab manapun.

Ketika engkau bertanya dari kitab mana, dari kitab apa, saya membahasnya, mungkin saya akan mengecewakanmu. 

Bagaimana saya hendak menjawabnya atau menerangkannya kepadamu, sedang saya tidak mengerti kitab kitab yang ditulis orang-orang itu. 

Jelasnya adalah saya banyak bertapa, dan memahami dengan sendirinya berbagai hal dan persoalan itu. Jadi proses ini adalah proses ilham, bukan proses belajar buku, bukan melahirkan tafsir, tetapi melahirkan takwil. 


2 komentar: