Kamis, 24 Mei 2018

Huruf 'ain

Pada status yang lalu saya sudah menerangkan tentang makna hakekat dari arab, tapi ada satu huruf yaitu huruf 'ain di depan kata arab yang belum saya terangkan, saya bilang kapan2 saya terangkan, sekarang saya mau sambung lagi tentang huruf 'ain ini.

Apa ini ada gunanya??

Ya, tentu saja, setidaknya kalian biar juga mengetahui, kenapa ada istilah "fardhu 'ain", ya kan?.... kok gak fardhu lam, mim nun waw  dsb.... heuheuheu. Pasti banyak yang gak tahu kan?

'Ain itu maknanya sesuatu yang terindera. tahu kan apa itu terindera?..... Artinya bisa dilihat, dipegang, di remes2, diucek2, didengar dsb....

Setelah huruf 'ain, ada huruf ghain /gin. gin ini adalah sifat kebalikan dari 'ain, kalau 'ain itu terindera, gin itu TIDAK terindera, atau katakanlah barang gaib.

Jadi sudah tahu sekarang, apa itu fardhu 'ain?
berarti fardhu yang terindera. heuheu
andaikata disebut fardhu gain, sudah tahu juga kan maknanya? heuheu

Hidup ini yah seperti itu, antara ain dan gain, antara ada dan tiada, antara nyata dan gaib, antara isi dan kosong.....

Antara 'ain dan gain, sejatinya hanya terselisih satu buah titik saja. Titik itu adalah dirimu sendiri, keterbatasanmu sendiri, yang mungkin diantara keterbatasan itu malah engkau ciptakan sendiri. 

Jika keterbatasan itu disibakkan, maka gain akan menjadi 'ain, gaib akan menjadi nyata, yang tidak dimengerti akan dimengerti, yang tidak difahami akan difahami. Disitulah hidup ini menjadi semakin terang dan jelas arahnya.















3 komentar: