Senin, 21 Mei 2018

Ntah Ye Assalaamualaikum,,,blh kah saya brtnya abah...
Apa yg dmksud firman allah الرحمن على العرش استوى...؟ pdhl d lain ayat allah brfirman والله بكل شيء محيط؟ tolong jlskn apa yg dmksud allah brsmyam d arsy yg tinggi,sdngkn d ayat lain allah lugas brfirman,allah meliputi sgla ssuatu

=====================
Waalaikumsalam

saya garis bawahi saja pertanyaannya, yaitu tentang istiwa' (Allah bertahta diatas arsy') dan Allah meliputi segala sesuatu/ada dimana saja. 

Mungkin yang bikin kamu bingung adalah mana yang benar??.... apakah Allah ada diatas arsy diatas langit tinggi sana, ataukah Allah ada dimana saja. kira-kira begitu kan?

Saya akan terangkan kembali makna istiwa', tentang apa itu bertahta di atas arsy?

Jika saudara lihat suatu bangunan, katakanlah masjid, itu bagian paling atas ada kuncupnya, atau kubahnya, nah bagian tertinggi atau teratas itulah arsy nya masjid. Jadi arsy itu adalah bagian puncak atau tertinggi dari segala sesuatu. Kalau ada bebatuan, maka permata/intan itulah arsynya. Kalau pada dirimu, kepalamu itulah arsynya....

Maksud dari istiwa' atau Allah bertahta di atas arsy itu maknanya bahwasannya Allah ta'ala itu memuncaki segala puncak. Jika ada yang penyayang penyayang, maka Allah yang paling penyayang. Jika ada yang kuat kuat, maka Allah yang paling kuat. Demikianlah maksud istiwa' atau bertahta diatas arsy itu.

Yang kedua tentang Allah meliputi segala sesuatu atau Allah ada dimana saja.

Ini harus mengerti hukum ruang dan waktu, agar bisa memahaminya lebih jauh. Tetapi akan saya ulas secara sederhana saja. Bahwasanya segenap ruang dan waktu itu tenggelam di dalam Allah sendiri, tiada pernah keluar dari diri Tuhan, sebab itulah bisa dikatakan bahwa Allah itu ada dimana saja kamu berada. 

Allah itu selalu "ini", selalu "disini"..... Akan tetapi "ini" itu yang mana??.... "Disini" itu ada dimana?.... tidak pernah bisa disimpulkan. 

Saya tidak menjelaskan hukum ruang dan waktu secara lebih jauh disini, karena akan memerlukan pembahasan yang panjang dan mungkin terlalu rumit untuk saudara fahami.



2 komentar: