Selasa, 15 Mei 2018

Saya akan sedikit bahas kembali status sebelumnya yang berjudul "hakekat arab", silahkan dilihat ke status bawah. 

Ketika saya menerangkan sedikit tentang hakekat arab, lalu kalian mungkin mengatakan saya otak atik kata. 

Sebenarnya setiap nama-nama daerah/negara ataupun region itu memang ada makna tersembunyi yang kalian mungkin belum pahami. Dan tentang hal inipun sebenarnya juga ada tersirat dalam Qur'an. 

Coba simak ayat ini:

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.” (QS. Ali Imran: 96)


Apa kamu tahu maknanya "mekkah"?. mekkah itu berasal dari kata "bakkah", bakkah itu berasal dari kata "berkah", maksudnya yaitu berkah yang bersangatan banyaknya, makanya huruf "k"nya dobel jadi bakkah bukan bakah. Maka mekkah itu artinya tempat yang diberkahi dengan luar biasa.

Nah, saya hanya menunjukkan kepadamu sekalian, bahwa "nama daerah" itu ada maknawiah/hakekatnya yang tersembunyi. Qur'an pun menyiratkan demikian. Demikian juga dengan nama "arab", seperti yang saya ulas distatus sebelumnya.

Nah kamu yang protes, kok arab jadi dari kata rob??..... coba kamu tulis aja pakai huruf arab. Kata arab, lalu kamu buang saja huruf ain nya, kan jadi rob. 

Terus kamu bilang Rob itu bukan Robb??.... jiahaha. pakai "b" doble/tasjid itu maknanya penuh penekanan, karena rob itu artinya "pengatur", maka robb itu artinya sifat pengaturnya demikian besar/dominan.

Terus apa maksud huruf ain didepan rob, yang membentuk kata arab itu??....

Saya jelaskan kapan2 saja, heuheuheu. Atau mungkin kamu cari sendiri saja. 





3 komentar: