Minggu, 13 Mei 2018

Zakat itu pengertiannya adalah mensucikan.

Zakat

Zakat itu pengertiannya adalah mensucikan. Namun secara umum zakat terlalu dipahami secara sempit yaitu hanya sekedar urusan bagi2 beras (zakat fitrah) atau bagi2 duit (zakat mal).

Padahal makna dari berzakat teramat luas, tak sekedar urusan beras atau duit (harta) saja. Sebab banyak hal yang harus disucikan tidak hanya harta kita.

Pikiran kita juga harus disucikan, perasaan/hati kita juga harus disucikan, tenaga kita juga harus disucikan.

Diantara saudara mungkin sudah menunaikan zakat dalam pengertian zakat fitrah ataupun harta, tapi bagaimana dengan zakat yang lain??

Kita bisa mensucikan ilmu pengetahuan kita dengan membaginya, agar orang lain menuai manfaat dari hal tersebut, maka ilmu pengetahuan kita telah kita zakati.

Kita pun bisa menzakati tenaga kita, hati kita, atau apapun yang ada dalam diri kita, dengan membaginya kepada orang lain yang kemudian orang mengambil manfaat dari hal tersebut.

Mengerti hal ini adalah sangat penting, agar jangan sampai saudara terlalu percaya diri, menganggap sudah menunaikan zakat, karena merasa sudah setor beras atau duit. Padahal masih banyak hal yang belum engkau tunaikan zakatnya.

Nah sekarang setelah mengerti ini, apakah anda yakin sudah menunaikan zakat dengan sempurna?




3 komentar: