Jumat, 08 Juni 2018

Hermanto To Tanya kang ...dlm ijazah doa seringkali menggunakan kalimat ya robbana...apakah ke khususan dari kalimat tersebut njih...?
========================
Iya ini bagus sekali......

Dalam Qur'an ada 2 kata ganti bagi sebutan Allah yang lazim digunakan, yaitu "ilah" dan "Robb"

Ketika kamu berdoa, maka yang lazim digunakan adalah kata ganti "Robb".... misal "Robbii......" "Robbana....", sangat tidak lazim permohonan doa menggunakan istilah "ilahii..." atau "ilahina..."

Mengapa demikian??..... 

Saya akan beri contoh apa yang ada pada diri saya sendiri dahulu, diri saya itu ada unsur lahiriah/jasmaniahnya dan ada unsur "batiniahnya"..... Saya yang lahiriah adalah sebuah "simbol" dari adanya diri saya.... Adapun diri saya yang batiniah, itu tidak tampak, tetapi disinilah proses menimbang-nimbang rasa berada.....

Ketika katakanlah kamu meminta sesuatu pada saya, apakah kamu meminta kepada tubuh saya, ataukah kepada ruhani/batiniah saya??.... 

Tentu saja kamu meminta kepada diri saya yang batiniah, sebab tubuh saya hanya simbol keberadaan saya, tubuh saya hanya bergerak mengikuti perintah batin saya saja.....

Ilah dan Robb ini perumpamaannya seperti itu, dimana ilah ini adalah diri Tuhan yang lahiriahnya, sebagai simbolik keberadaanNYA/ bisa dikatakan manifestasiNYA, sedangkan Robb adalah diri Tuhan yang batiniahNya..... Dalam batiniahNYA inilah semua proses timbang-timbang rasa berlangsung, apakah DIA menimbang akan memberi/mengabulkan doa ataukah tidak.....

Oleh sebab itulah berdoa itu menggunakan kata ganti "Robb....." bukan ilah

Tetapi syahadat/kesaksian akan menggunakan kata ganti Ilah bukan RObb, sebab syahadat/persaksian itu bersifat lahiriahNYA..... (Laa ilaha illallah) ==> menggunakan kata ilah


Maka kita akan:

1. Menyembah kepada ilah
2. Menyaksikan/memandang kepada ilah
3. Memohon kepada Robb
4. Berharap kepada Robb

kalimat yang benar ==> ya Robb, kabulkanlah doa kami
kalimat yang salah ==> ya ilahi, kabulkanlah doa kami

kalimat benar ==> ya Ilahi, kami menyembahmu
kalimat salah ==> ya Robb, kami menyembahmu

kalimat benar ==> ya Robb, kami berharap hanya padamu
kalimat salah ==> ya Ilahi, kami berharap hanya padamu

Jika secara bahasa, ilah itu berarti sesembahan, sedang Rob itu berarti pengatur.....















4 komentar: