Kamis, 24 Januari 2019


103.... Saya dengar ada banjir dimana-mana, musim hujan sedang kurang bersahabat..... Curah hujan tinggi..... 

Terus terang, kalau dengar bencana banjir, hati saya agak sedikit susah diajak merasa iba/kasihan, nilai simpati saya kurang optimal.... Sedikit cerita.... 

Di Jabung, di padepokan FK, dulu sungai di bawah itu kalau musim kemarau airnya masih lumayan banyak yang mengalir, nah kalau musim hujan air juga tidak terlalu luar biasa derasnya.... Tapi..... Sejak masyarakat sekitar suka tebangin pohon di hutan2 bagian atas, debit air jadi terlalu deras kalau musim hujan, dan kalau musim kemarau debit air terlalu sedikit....

Hati saya selalu merasa TIDAK SUKA, tiap kali lihat mereka tebangin pohon hutan.... Rasanya menyakitkan.....

Itulah sebabnya hati saya sulit diajak merasa kasihan kalau dengar kata bencana "BANJIR".... Karena masyarakat pada suka merusak hutan, main tebang sembarangan, akhirnya kalau musim hujan tidak ada penahan air, aliran air jadi terlalu deras dan cepat, kalau musim kemarau jadi kering.....

Ayo, tanam pohon, buat yang mungkin hidup di perkampungan, tepi hutan dsb..... Tanaman yang paling bagus untuk reboisasi itu pohon beringin, karena kemampuannya menyimpan air sangat luar biasa.... Beringin, bagus ditanam di sekitar mata air dan di tepi sungai, bisa menjaga ketersediaan air di musim kemarau.... airnya bisa untuk pengairan sawah, keperluan hidup dsb....  















3 komentar: