Jumat, 18 Januari 2019

093.... Ian Wawotobi Pomalaa Assalamualaikum Abah Saya Mau Bertanya.Apa Arti Dari "Siapa Yang Mengenal Dirinya Maka Dia Mengenal Tuhannya"?

Terima Kasih Abah

======================
Waalaikumsalam

Yang kamu sebut sebagai "dirimu", itu yang mana??....

Apakah seonggok daging itu dirimu??
Apakah batinmu itu dirimu??
Apakah lahir dan batinmu, itu dirimu??
Ataukah segala sesuatu adalah dirimu??..

Siapa kenal dirinya maka akan kenal Tuhannya..... yang pertama, tentukan dahulu dirimu itu yang mana?? baru kenalilah dirimu itu.....

Bagi saya, diri saya adalah segala sesuatu, maka saya mesti mengenal semuanya sebagai bagian dari diri saya..... Saya mesti mengenal dan memahami manusia/orang lain, saya mesti mengenal dan dan memahami binatang, tumbuhan, batu, air, udara, api, bumi, langit, bintang dan semua hal yang ada.... Agar saya bisa mengenal dan memahami Tuhan dalam pandangan spektrum yang luas yang bebas dari keakuan sempit....



4 komentar: