Jumat, 18 Januari 2019

094.... Amien Paryono Assalamualaikum guru___
Mhn ijin pencerahannya, sebuah pertanyaan sepele tp menggelitik disanubari, dlm sesi mencari pendamping hidup, dlm pandangan org Jawa, kl ingin mencari pasangan maka timbanglah bibit, bobot, dan bebetnya.


Sedang dlm hadist nabi d
iterangkan, bila ketertarikan mu jatuh pada tampan dan cantiknya pada akhirnya semuanya akan menjadi tua dan keriput, bl kekayaan yg dipandang suatu saat bs jth miskin, pun jg derajat bisa minggat, pangkat bisa koncat/ dilorot
Tapi bila yg kau pilih karena agamanya, insyaallah akan menyelamatkanmu.
Yg jd pertanyaan adalah
___ unsur at kreteria apa sehingga seseorang itu dilabeli telah beragama hingga layak untuk dipilih jd pendamping hidup
____bedakah akhlak dg agama dimagsud
____darimanakah akhlak manusia itu bersumber
____ bgmnkah caranya membentuk akhlak pribadi menjadi Sholeh/sholehah, sebelumnya saya haturkan terimakasih guru_

==========================
Waalaikumsalam

Antara pandangan jawa tentang bibit bobot dan bebed tidak bisa dipertentangkan dengan hadist nabi, justru pandangan itu selaras. 

Tahu apa itu BOBOT??.... bobot itu bukanlah timbangan massa tubuh, yang dimaksud bobot adalah memilih wanita yang memiliki kualitas lahir dan batin yang bagus. dan diantara bobot itu termasuk di dalamnya adalah keimanannya, kebaikannya, ahlaknya, agamanya dsb..

Kalau saya pribadi memilih wanita bukan karena semua itu..... bukan karena agamanya bagus, bukan karena penampilan fisik, bukan karena keturunannya..... saya cuman memilih karena 1 perkara saja, yaitu karena memang jodohnya saya. Walau sebaik apapun agamanya, secantik apapun, sekaya apapun, kalau BUKAN jodoh saya, untuk apa?. Tolol sekali kalau saya mengejar calon jodohnya orang lain. Inilah yang banyak terjadi dimana-mana orang menjadi galau karena mengejar calon jodohnya orang lain, berakhir sakit hati. Dan kalian mungkin akan berkali-kali mengira calon jodohnya orang lain sebagai calon jodohmu.

pertanyaanmu

==> unsur at kreteria apa sehingga seseorang itu dilabeli telah beragama hingga layak untuk dipilih jd pendamping hidup. 

- Kalau seorang wanita mau menerima lamaranmu, anggap saja sudah beragama, karena menikah itu 1/2 dari agama, sudah mau dilamar/dinikahi, berarti sudah mau menerima 1/2 dari agama, berarti sudah beragama walau baru 1/2.

==> bedakah akhlak dg agama dimagsud

- ahlak adalah pencapaian yang tinggi dalam agama. Agama adalah jalan menuju ahlak mulia.

==> darimanakah akhlak manusia itu bersumber

- Dari sebuah kesadaran diri. Maka menyatulah hati nurani dengan akal fikiran manusia. Kemudian ahlak mulia terbit sebagai pengejawantahannya. 

==> bgmnkah caranya membentuk akhlak pribadi menjadi Sholeh/sholehah, sebelumnya saya haturkan terimakasih guru

- Sadar diri
==================

Belajarlah tentang kisah luth as, bagaimana istri luth termasuk wanita yang celaka. 

Apakah seorang nabi yang sholeh bisa salah cari jodoh??

Padahal pengetahuan para nabi adalah yang terhebat diantara para manusia. 

TIDAK, luth as tidak salah cari jodoh, karena dia menikahi yang memang jodohnya.






4 komentar: